Ajak Sivitas Mendunia, ITS Gelar Liga Internasionalisasi

    Ajak Sivitas Mendunia, ITS Gelar Liga Internasionalisasi
    Sosialisasi Liga Internasionalisasi 2022 yang dilakukan DKG ITS kepada perwakilan Himpunan Mahasiswa Departemen di ITS.

    SURABAYA – Berakselerasi menuju universitas terbaik dunia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Direktorat Kemitraan Global (DKG) merangkul sivitas akademisnya untuk bersinergi dalam kegiatan internasionalisasi. Acara ini dikemas dalam kompetisi bertajuk Liga Internasionalisasi yang berlangsung mulai Maret hingga Agustus 2022.

    Manajer Inisiatif Proyek Baru DKG, Faiqoh Agustin ST., Kamis (17/3/2022) menyampaikan bahwa Liga Internasionalisasi ini diperuntukkan bagi mahasiswa, staff, serta dosen ITS. Terdapat tiga sub-liga yang dilombakan, diantaranya yaitu Liga World Class University (WCU), Liga Inbound Mobility, dan Liga Outbound Mobility.

    Cappuccino latte
    market.biz.id Cappuccino latte
    40% Rp 2.000
    Beli sekarang!

    Pertama, pada Liga WCU akan dilakukan asesmen pada himpunan mahasiswa dan departemen. Adapun kriteria penilaiannya adalah kegiatan sosialisasi dan pengisian kuesioner WCU serta pengumpulan data Academir Peer dan Employer Peer. Selain itu, terdapat pula pengumpulan artikel serta ilustrasi capaian departemen atau laboratorium dalam International Newsletter.

    Faiqoh melanjutkan, sementara pada Liga Inbound Mobility, akan dilakukan asesmen terhadap partisipasi departemen dalam inisiasi dan implementasi kerja sama dengan mitra ke kancah global. ”Utamanya yaitu dengan mengundang akademisi dunia dan mahasiswa internasional untuk beraktivitas di departemen tersebut, ” imbuh perempuan lulusan Departemen Desain Produk ITS.

    Manajer Inisiatif Proyek Baru DKG, Faiqoh Agustin ST menyampaikan prinsip sinergi yang diperlukan dalam akselerasi reputasi internasional ITS.

    READ.CO.ID
    market.biz.id READ.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Adapun kriteria yang diperlukan dalam Liga Inbound Mobility ada lima. Diantaranya yaitu jumlah pelaksanaan International Guest Lecture,  jumlah pelaksanaan Short Program,  jumlah mata kuliah yang diajar dosen internasional, jumlah Adjunct Professor serta jumlah International Inbound oleh pengajar dan mahasiswa.

    Terakhir terdapat Liga Outbound Mobility, di mana penilaian dilakukan berdasarkan jumlah sosialisasi informasi International Student Mobility Award (IISMA) dan program mobilitas lain. Tak hanya itu, kriteria lain seperti jumlah pendaftar IISMA, mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar, magang di mancanegara,  short program,  serta mahasiswa outbound non-ITS.

    Varient - News & Magazine Script
    market.biz.id Varient - News & Magazine Script
    4% Rp 722.800
    Beli sekarang!

    Faiqoh menyebutkan alasan Liga Internasionalisasi ini yaitu guna mendukung cita-cita ITS menuju peringkat 500 teratas dalam pemeringkatan universitas di seluruh dunia. “Di mana salah satu aspek penting untuk mencapainya adalah tingkat paparan internasional atau international exposure dalam lingkungan kampus, ” jelasnya.

    Teknis dan penjelasan detail dari tiap kompetisi yang ada di Liga Internasionalisasi ITS 2022.

    Dalam Liga Internasionalisasi ini seluruh departemen di ITS akan dibagi menjadi empat klaster. Di mana pemenang kompetisi dari tiap klaster akan mendapatkan hadiah berupa international exposure. “Hadiah ini dapat dianugerahkan departemen kepada mahasiswa, dosen atau tenaga kependidikan masing-masing, ” imbuh Faiqoh.

    Melalui kegiatan ini, Faiqoh mewakili DKG berharap seluruh lapisan sivitas dapat bersinergi dan bersama-sama memberi kontribusi untuk meningkatkan reputasi ITS di kancah internasional. “Tak hanya upaya rektor dan jajaran dosen serta tendik saja, namun juga upaya menyeluruh hingga ke ranah departemen, himpunan mahasiswa, hingga individu mahasiswa itu sendiri” pesannya mengakhiri. (*)

    Reporter: Raisa Zahra Fadila

    Redaktur: Najla Lailin Nikmah

    KINERJA.CO.ID
    market.biz.id KINERJA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    SURABAYA
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    HRLS UNAIR Bedah Jalan Terjal Penyelesaian...

    Artikel Berikutnya

    KAI Daop VII Madiun Bersama Komunitas Rail...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 119

    Postingan Tahun ini: 419

    Registered: Oct 4, 2021

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 82

    Postingan Tahun ini: 562

    Registered: Oct 11, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 55

    Postingan Tahun ini: 462

    Registered: Sep 23, 2021

    Prijo Atmodjo

    Prijo Atmodjo verified

    Postingan Bulan ini: 31

    Postingan Tahun ini: 204

    Registered: Jul 13, 2020

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Pendampingan Dalam Rangka Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme
    Patroli Gabungan Diwilayah Kec. Tambaksari 
    Polsek Junrejo Kota Batu Rakor Bersama Pihak Bank Bahas Pertenak Terdampak Wabah PMK
    Kegiatan Pantau Wilayah  Serta Komsos Bersama Warga Masyarakat

    Rekomendasi

    Alumnus UNAIR Lulus Sarjana Kedokteran 19 Tahun, Kini Kuliah di Harvard dengan Beasiswa LPDP
    Jaga Toleransi dan Kebersamaan Antara Umat Beragama, Jelang Hari Bhayangkara ke-76 Polrestabes Surabaya Salurkan Bantuan Sosial
    Kurikulum Keterampilan Digital Terapan Untuk Wujudkan SDGs
    Tim Binaan Kodim 0830/Surabaya Utara Darus Sholihin FC Juara Grup Wilayah Surabaya Dalam Pertandingan Liga Santri Piala Kasad
    Berkendara Pakai Sandal Dilarang, Begini Kata Sosiolog UNAIR

    Ikuti Kami