Digelar Daring, Kompetisi Chem-E-Car ITS Diikuti Universitas Asing

    Digelar Daring, Kompetisi Chem-E-Car ITS Diikuti Universitas Asing

    SURABAYA - Setelah sukses dengan kompetisi Chem-E-Car daring pertama di Indonesia tahun lalu, Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar Indonesia Chemical Reaction Car Competition (ICRCC) 2022 secara daring untuk kali kedua, Minggu (29/5/2022). Kompetisi yang berlangsung hingga malam hari tersebut tidak hanya diikuti oleh universitas dalam negeri, namun juga universitas mancanegara. 

    Acara tahunan yang merupakan rangkaian kegiatan Chemical Engineering Innovation Festival (Chernival) kali ini mengusung tema Discharging Innovation through Youth Collaboration. 

    PUBLIK.CO.ID
    market.biz.id PUBLIK.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Dengan tema tersebut, para peserta diharapkan mampu menggunakan pengetahuan dalam bidang teknik kimia, kreativitas, dan kemampuannya dalam tim untuk merancang prototipe mobil, ” papar Aldela Hariyanniko, koordinator ICRCC 2022.

    SIBERIA.CO.ID
    market.biz.id SIBERIA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Mahasiswa yang kerap disapa Niko ini menjelaskan, ICRCC merupakan rebranding dari ICECC (Indonesia Chem-E-Car Competition). 

    Menurutnya, tim yang bertanding di ICRCC 2022 ini tidak hanya berasal dari mahasiswa teknik kimia saja, tetapi juga dari disiplin ilmu lain. “Diharapkan ini menjadi identitas baru untuk kompetisi mobil reaksi kimia yang diadakan ITS, ” lanjutnya. ICRCC 2022 ini diikuti oleh 26 tim dari berbagai universitas dalam dan luar negeri. ITS sendiri mengirimkan dua perwakilan tim, yaitu Tim Spektronics XXI dan Tim Spektronics 22. Adapun perwakilan dari universitas luar negeri berasal dari Industrial University of Santander, Kolombia dan Tafresh University, Iran. 

    Para peserta ICRCC 2022 tersebut ditantang untuk merancang mobil yang memanfaatkan reaksi kimia sebagai sumber tenaga dan mampu berhenti di jarak tertentu dengan sendirinya. “Sebelum  menjalankan mobilnya, para peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi seperti penilaian Job Safety Assessment (JSA), Presentation and Inspection Day (PID), serta Race Competition, ” terang Niko lagi. 

    Pada tahap JSA, lanjutnya, peserta diharuskan membuat dokumen yang menjelaskan secara rinci mengenai bahan kimia yang digunakan, spesifikasi peralatan yang digunakan, keamanan, perhitungan emisi, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan konsep mobil. “Pada tahap inilah, peserta diseleksi menjadi 23 tim yang akan melaju pada babak final, ” imbuhnya.

    Espresso shot Boba
    market.biz.id Espresso shot Boba
    13% Rp 6.300
    Beli sekarang!

    Niko melanjutkan, peserta babak final akan mengikuti tahapan PID, di mana para peserta akan mempresentasikan mobil yang telah didesain di hadapan para juri. “Selanjutnya, peserta akan menuju ke ruang inspeksi untuk diperiksa keselamatan mobil dan aspek teknis dari mobil yang akan digunakan pada tahap Race Competition, ” tuturnya,

    WARTAHAJI.COM
    market.biz.id WARTAHAJI.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Puncak dari ICRCC 2022 ini sendiri adalah Race Day. Menurut Niko, berbeda dari tahun sebelumnya yang menantang mobil peserta berjalan di lintasan persegi, kali ini lintasan yang harus dilalui berbentuk segitiga dengan jarak 8, 5 meter. Selain itu, mobil yang juga harus membawa beban 1.000 gram ini diharapkan dapat berhenti sedekat mungkin dengan garis finish yang telah ditentukan. 

    Niko berharap, kompetisi ICRCC 2022 ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan riset bahan bakar serta aspek keselamatan yang juga menjadi fokus dalam kompetisi tersebut. ”Ini juga merupakan upaya untuk mendukung pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah G20, di mana salah satu hal yang menjadi fokus adalah masalah energi terbarukan, ” pungkasnya. (HUMAS ITS)

    Reporter: Tyara Novia Andhin

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Forkopimda Jatim Hadiri Silaturahmi dan...

    Artikel Berikutnya

    Wakapolda Jatim Pimpin Pakta Integritas...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 119

    Postingan Tahun ini: 419

    Registered: Oct 4, 2021

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 82

    Postingan Tahun ini: 562

    Registered: Oct 11, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 55

    Postingan Tahun ini: 462

    Registered: Sep 23, 2021

    Prijo Atmodjo

    Prijo Atmodjo verified

    Postingan Bulan ini: 31

    Postingan Tahun ini: 204

    Registered: Jul 13, 2020

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Pendampingan Dalam Rangka Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme
    Patroli Gabungan Diwilayah Kec. Tambaksari 
    Polsek Junrejo Kota Batu Rakor Bersama Pihak Bank Bahas Pertenak Terdampak Wabah PMK
    Kegiatan Pantau Wilayah  Serta Komsos Bersama Warga Masyarakat

    Rekomendasi

    Alumnus UNAIR Lulus Sarjana Kedokteran 19 Tahun, Kini Kuliah di Harvard dengan Beasiswa LPDP
    Jaga Toleransi dan Kebersamaan Antara Umat Beragama, Jelang Hari Bhayangkara ke-76 Polrestabes Surabaya Salurkan Bantuan Sosial
    Kurikulum Keterampilan Digital Terapan Untuk Wujudkan SDGs
    Tim Binaan Kodim 0830/Surabaya Utara Darus Sholihin FC Juara Grup Wilayah Surabaya Dalam Pertandingan Liga Santri Piala Kasad
    Berkendara Pakai Sandal Dilarang, Begini Kata Sosiolog UNAIR

    Ikuti Kami