Dosen UNAIR, Lingkungan Bisa Mempengaruhi Seseorang Menjadi Homoseksual

    Dosen UNAIR, Lingkungan Bisa Mempengaruhi Seseorang Menjadi Homoseksual

    SURABAYA – Homoseksual bisa terjadi karena faktor lingkungan. Hal tersebut disampaikan Dosen UNAIR Atika Dian Ariana S Psi MSc ketika ditemui UNAIR NEWS beberapa waktu lalu. 

    Apakah lingkungan benar-benar berpengaruh? Atika menyebut ada kemungkinkan. Misalnya, ada seseorang memilih berhubungan dengan sesama jenis karena memang budaya tersebut terjadi di lingkungan tersebut. 

    WARTAMADRASAH.COM
    market.biz.id WARTAMADRASAH.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Dia tidak memiliki opsi lain. Akhirnya komunitas, tempat, atau circlenya dia kebetulan juga orang-orang homoseksual. Akhirnya dia pun juga berperan di situ, ” ujarnya, Jum'at (20/5/2022).

    “Seperti halnya konsep diri sangat berkembang sejalan dengan bagaimana dia berinteraksi dengan lingkungan. Ápakah ada penguatan, ada penolakan, itu mempengaruhi bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri, ” tambahnya.

    Doppio espresso shot ganda
    market.biz.id Doppio espresso shot ganda
    16% Rp 7.300
    Beli sekarang!

    Seksual Bukan Hanya Lingkungan 

    Menurut dosen Psikologi UNAIR itu, seksual bukan hanya sekadar lingkungan. Jadi, masyarakat perlu menjaga lingkungannya dengan baik. Terutama agar terbebas dari lingkungan homoseksual. 

    DELIKHUKUM.ID
    market.biz.id DELIKHUKUM.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Yang perlu kita pertimbangkan adalah faktor protektif. Yaitu, memberikan lingkungan yang yang sehat untuk anak agar terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Orang tua perlu jadi teman anak berdiskusi. Terutama soal perkembangan seksual, ” ujarnya.

    “Karena kalau tidak, mereka (anak-anak, Red) mungkin akan mengakses informasi dari sumber yang kurang kredibel. Bahkan mungkin menjerumuskan ke komunitas yang berbeda dari yang kita harapkan, ” tegasnya.

    Peran Orang Tua 

    Atika menyarankan orang tua menyiapkan diri menjadi teman berdiskusi bagi anak. Khususnya berkaitan dengan identitas gender dan orientasi seksual mereka. 

    Pastikan pendidikan seksual jangan dianggap sebagai hal yang tabu. Orang tua jangan menutup diri dari pertanyaan anak yang terkesan sederhana dan tidak penting ditanyakan. Namun, pertanyaan tersebut merupakan proses pengenalan konsep seksualitas anak.

    “Pertanyaan mengenai konsep dirinya bukan hanya dalam hal seksual sebenarnya berkaitan dengan banyak hal. Soal identitas itu penting untuk kemudian didiskusikan bersama, ” ungkapnya.

    Podcast Jadi Sumber Edukasi Bukan Promosi

    Seperti halnya kasus podcast Deddy Corbuzier pasangan homoseksual, Atika berpesan menjadikan itu sebagai konten edukasi. Jadi, podcast jangan dianggap program yang mengarah ke promosi mendukung LGBT, namun sebagai edukasi yang berbicara sebuah fenomena di masyarakat. 

    Karena itu, perlu dipertimbangkan budaya di masyarakat yang berlaku di daerah tertentu. Mengingat, secara secara global, LGBT dianggap bukan menjadi hal yang dipermasalahkan. Namun, itu sangat berbeda dengan budaya di Indonesia yang belum menerimanya. 

    “Artinya, secara jumlah pasangan homoseksual, mungkin tidak banyak dibanding pasangan heteroseksual. Budaya itu (heteroseksual) juga perlu kita hormati, ” ungkapnya. 

    “Karena, ada pepatah mengatakan ‘Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’. Sebaiknya ketika membuat acara atau program yang kemudian disiarkan ke media sosial dan dilihat jutaan orang di Indonesia, perlu mempertimbangkan faktor budaya ini, ” pesan Atika. (*)

    Foto : Dosen Psikologis UNAIR Atika Dian Ariana S Psi MSc) 

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Perkuat Sinergi, ITS Teken MoU dengan Unisma

    Artikel Berikutnya

    Wakapolda Jatim Pimpin Pakta Integritas...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 119

    Postingan Tahun ini: 419

    Registered: Oct 4, 2021

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 82

    Postingan Tahun ini: 562

    Registered: Oct 11, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 55

    Postingan Tahun ini: 462

    Registered: Sep 23, 2021

    Prijo Atmodjo

    Prijo Atmodjo verified

    Postingan Bulan ini: 31

    Postingan Tahun ini: 204

    Registered: Jul 13, 2020

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Pendampingan Dalam Rangka Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme
    Patroli Gabungan Diwilayah Kec. Tambaksari 
    Polsek Junrejo Kota Batu Rakor Bersama Pihak Bank Bahas Pertenak Terdampak Wabah PMK
    Kegiatan Pantau Wilayah  Serta Komsos Bersama Warga Masyarakat

    Rekomendasi

    Alumnus UNAIR Lulus Sarjana Kedokteran 19 Tahun, Kini Kuliah di Harvard dengan Beasiswa LPDP
    Jaga Toleransi dan Kebersamaan Antara Umat Beragama, Jelang Hari Bhayangkara ke-76 Polrestabes Surabaya Salurkan Bantuan Sosial
    Kurikulum Keterampilan Digital Terapan Untuk Wujudkan SDGs
    Tim Binaan Kodim 0830/Surabaya Utara Darus Sholihin FC Juara Grup Wilayah Surabaya Dalam Pertandingan Liga Santri Piala Kasad
    Berkendara Pakai Sandal Dilarang, Begini Kata Sosiolog UNAIR

    Ikuti Kami