FIA Ajak Mahasiswa se-Asia Kuatkan Peran Pemuda

    FIA Ajak Mahasiswa se-Asia Kuatkan Peran Pemuda
    Dekan FIA

    KOTA MALANG - Setelah menggelar rangkaian seminar internasional dan kelas bersama pekan lalu, kali ini Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) mengundang mahasiswa dari berbagai negara di Asia untuk menyatukan visi peran pemuda dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

    Bertajuk “iVISID 2022: ASEAN Student Forum”, ribuan mahasiswa berjumpa secara virtual untuk saling bertukar pikiran apa yang harus dilakukan kaum muda dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, khususnya di tengah perkembangan IPTEK saat ini.

    WARTAKESEHATAN.CO.ID
    market.biz.id WARTAKESEHATAN.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Meskipun mengandung nama ASEAN, acara yang digelar pada Jumat (18/3/2022) itu juga menarik minat perhatian mahasiswa dari negara di luar Asia Tenggara.

    Panitia mencatat ada lebih dari 1.000 orang mahasiswa yang siap bergabung dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Kamboja, Myanmar, dan juga Aljazair, Bhutan, India, Pakistan, Iran, dan Sudan.

    WARTAJUSTISIA.COM
    market.biz.id WARTAJUSTISIA.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Dekan FIA Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D mengatakan agenda ini merupakan salah satu perwujudan visi dan misi fakultas untuk menjadi pusat pengembangan ilmu administrasi yang bereputasi setidaknya di tingkat ASEAN.

    Selain itu, melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menjalin komunikasi yang lebih luas dengan sesama mahasiswa di berbagai negara, sehingga dapat memperluas cara pandang mereka terhadap segala sesuatu.

    24JAM.CO.ID
    market.biz.id 24JAM.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “ASEAN Student Forum ini merupakan langkah yang baik bagi adik-adik mahasiswa dari berbagai negara untuk bersama-sama berdikusi dan menyatukan visi membangun kawasan ke depan, ” ujar Andy.

    Dengan melihat antusiasme mahasiswa yang luar biasa untuk mengikuti acara yang baru pertama kali diadakan ini, bukan tidak mungkin tahun depan agenda serupa juga kembali diadakan dengan format yang lebih baik.

    Pihaknya, kata Andy, sudah mempercayakan penyelenggaraan kegiatan ini kepada Program Studi S1 Administrasi Pendidikan bersama dengan Himpunan Mahasiswa Administrasi Pendidikan (HIMADIKA).

    “Saya kira ini harus menjadi agenda tahunan, agar mahasiswa terbiasa untuk bertukar pikiran dengan orang-orang yang datang dari latar belakang negara dan budaya yang berbeda darinya, ” imbuhnya.

    KAMPAI.CO.ID
    market.biz.id KAMPAI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sementara itu, rangkaian acara akan dimulai dengan presentasi oleh dua tim mahasiswa dari kampus penyelenggara, yakni dari Tarlac Agricultural University, Filipina, dan dari FIA UB sendiri.

    Setelah itu, acara dilanjutkan dengan saling bertukar pikiran dan pendapat antar peserta dengan dipandu oleh moderator Adhitya Tjahya Prawita Wulan, yang juga seorang mahasiswa Program Studi S1 Pariwisata FIA UB.

    Acara ini digelar berkat kerjasama antara FIA UB dengan Tarlac Agricultural University, Filipina, dan South East Asian Ministers of Education (SEAMEO) Secretariat yang bermarkas di Bangkok, Thailand.

    Sementara itu, dalam kegiatan kali ini Mahasiswa FIA UB Dian Syahfitri dan Kayla Meisya Drinadi memberikan pemaparan materi tentang keseimbangan gender untuk perempuan dalam dunia pendidikan.

    Isu tersebut diangkat karena perempuan telah lama mengalami ketidakseimbangan gender dalam pendidikan.

    SENATORINDONESIA.COM
    market.biz.id SENATORINDONESIA.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Selain itu, banyak kasus kekerasan seksual yang menimpa kaum perempuan. Sehingga mereka merasa perlu adanya sebuah diskursus khusus yang memperhatikan isu ini.

    Beberapa masalah dalam dunia pendidikan terkait isu ketidakseimbangan tersebut, antaralain masih adanya pandangan miring dari guru maupun teman sekelas bahwa perempuan itu tidak pandai, atau kurang adaptif terhadap pembelajaran.

    Atas dasar tersebut, UB membentuk gerakan yang merupakan bagian dari Girl Up Indonesia. Girl Up UB mempunyai misi menguatkan keseimbangan gender di pendidikan tinggi dan bergerak untuk mendukung wanita khususnya di UB. Gerakan ini punya platform di instagram bernama @girlupbrawijaya. (Humas FIA/Humas UB).

    KOTA MALANG
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Mengenal Neural Crest, Sel Awal Penyusun...

    Artikel Berikutnya

    KAI Daop VII Madiun Bersama Komunitas Rail...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 144

    Postingan Tahun ini: 444

    Registered: Oct 4, 2021

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 82

    Postingan Tahun ini: 562

    Registered: Oct 11, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 55

    Postingan Tahun ini: 462

    Registered: Sep 23, 2021

    Prijo Atmodjo

    Prijo Atmodjo verified

    Postingan Bulan ini: 31

    Postingan Tahun ini: 204

    Registered: Jul 13, 2020

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Pendampingan Dalam Rangka Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme
    Patroli Gabungan Diwilayah Kec. Tambaksari 
    Tim BCC UB Raih 4 Juara di Malaysia
    Kegiatan Pantau Wilayah  Serta Komsos Bersama Warga Masyarakat

    Rekomendasi

    Persatuan Sepak Bola Nurul Jadid Paiton Juara I Liga Piala Kasad 2022
    Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut, Kapolri: Komitmen Penggunaan Keuangan Negara Secara Transparan
    Danramil 02 Tambaksari Bersama Babinsa Pemantauan Vaksinasi
    Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut, Kapolri: Komitmen Penggunaan Keuangan Negara Secara Transparan
    Dua Jabatan Dandim di Lingkungan Korem 084/BJ Diserah Terimakan.

    Ikuti Kami