Memaknai Kehidupan Melalui Nuzulul Qur’an 

    Memaknai Kehidupan Melalui Nuzulul Qur’an 

    KOTA MALANG - Peran Al-Qur’an sebagai kitab suci umat muslim sering mengalami dinamika pemahaman, setiap saat ketika memahaminya maka hadirlah sebuah wacana dan inspirasi-inspirasi baru dalam risalah kehidupan duniawi.

    Al-Qur’an merupakan mahakarya Allah yang tidak sekalipun pernah lekang dengan waktu, terus berdampingan dengan perkembangan zaman yang kian modern hingga nanti berakhirnya seluruh alam semesta ini. Al-Qur’an juga akan selalu relevan dengan esensi kehidupan, tidak hanya diperuntukkan kepada umat Islam semata, namun juga bagi seluruh umat manusia, menunjukkan jalan yang terang, menjadi pembeda antara haq dengan yang batil.

    Nasi Goreng Spesial
    market.biz.id Nasi Goreng Spesial
    44% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    Melalui peringatan Nuzulul Qur’an, Islam dengan ajarannya yang inspiratif merupakan refleksi bagi masyarakat muslim, sebuah keyakinan bahwa manusia adalah makhluk spiritual yang eksistensinya akan terus terhubung dengan penciptanya. Hal ini disampaikan oleh Dr. H. Abdul Haris, M.Ag bersama Dr. H. Isroqunnajah M.Ag selaku narasumber kajian ilmiah interaktif bertajuk “Membumikan Al-Qur’an Dalam Setiap Langkah Kehidupan” yang digelar Masjid Raden Fatah Universitas Brawijaya, Jumat (22/4/2022).

    Polemik kehidupan yang kembali terulang terus menerus dari masa ke masa diakibatkan minimnya kecintaan manusia atas petunjuk-petunjuk yang sudah dituliskan di Al-Qur’an.

    NEWSRELEASE.CO.ID
    market.biz.id NEWSRELEASE.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Kebutuhan pikiran dan hati disetiap pribadi manusia telah disediakan melalui surat-surat Allah di dalam Al-Qur’an, namun tidak jarang bagi sebagian besar manusia ketika dirinya masih terjebak dalam kepentingan-kepentingan bersifat nafsu duniawi, mereka tak sadar dan lupa, seolah-olah membuat cara hidup sendiri dan meninggalkan pedoman-pedoman sang pencipta.

    Problematika lainnya yang turut muncul ke permukaan di era sekarang ini ketika pemahaman Al-Qur’an tak kunjung diamalkan di dalam tindakan, padahal amalan-amalan tersebut merupakan wujud nyata yang melahirkan prinsip-prinsip berkehidupan mulia di masyarakat muslim.

    Maka dari itu untuk memahami kalimat “sebagai petunjuk jalan yang lurus” kiranya tidak boleh dipahami secara setengah-setengah, karena momen Nuzulul Qur’an dapat mengingatkan kita kembali, untuk mendekatkan diri kepada Al-Qur’an. Membacanya, mengkajinya lebih dalam, untuk mengenal ayat-ayat Allah serta mengamalkannya.

    Bagaimana-pun umat Islam memahami istilah “jalan yang lurus” tidak hanya melalui pintu-pintu amalan kebaikan saja dan meninggalkan larangan-larangannya, akan tetapi juga membuka pola pikir dan perspektif dalam menelaah hal-hal yang bersifat rahasia ilahi, diantaranya tersirat dalam bentuk perenungan, seperti : mengapa Allah menurunkan Al-Qur’an, menciptakan dunia dan segala kehidupannya, apa makna dan tujuan manusia dilahirkan di muka bumi, apa yang harus dilakukan ketika manusia sudah tidak lagi berada di dunia, dan sebagainya.

    XPRESS.CO.ID
    market.biz.id XPRESS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Maka di saat manusia sudah berada di jalan yang lurus (berislam), mereka tidak lagi bebas dalam aktivitas kehidupannya, ada batasan-batasan syariat Allah yang senantiasa menjaga manusia dari “jalan lain” menuju kemaksiatan. Sejatinya Al-Quran tidak hanya sebagai “way of life” pribadi manusia, namun juga berperan sebagai pintu hidayah, petunjuk nurani, obat penawar serta nasehat bagi mereka yang mau untuk mengimani, berkomitmen dalam meraih keselamatan dunia dan akhirat. (Hms/Jon)

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Hidupkan Kembali Masjid Al-Hadiid dengan...

    Artikel Berikutnya

    Wakapolda Jatim Pimpin Pakta Integritas...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 119

    Postingan Tahun ini: 419

    Registered: Oct 4, 2021

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 82

    Postingan Tahun ini: 562

    Registered: Oct 11, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 55

    Postingan Tahun ini: 462

    Registered: Sep 23, 2021

    Prijo Atmodjo

    Prijo Atmodjo verified

    Postingan Bulan ini: 31

    Postingan Tahun ini: 204

    Registered: Jul 13, 2020

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Pendampingan Dalam Rangka Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme
    Patroli Gabungan Diwilayah Kec. Tambaksari 
    Polsek Junrejo Kota Batu Rakor Bersama Pihak Bank Bahas Pertenak Terdampak Wabah PMK
    Kegiatan Pantau Wilayah  Serta Komsos Bersama Warga Masyarakat

    Rekomendasi

    Alumnus UNAIR Lulus Sarjana Kedokteran 19 Tahun, Kini Kuliah di Harvard dengan Beasiswa LPDP
    Jaga Toleransi dan Kebersamaan Antara Umat Beragama, Jelang Hari Bhayangkara ke-76 Polrestabes Surabaya Salurkan Bantuan Sosial
    Kurikulum Keterampilan Digital Terapan Untuk Wujudkan SDGs
    Tim Binaan Kodim 0830/Surabaya Utara Darus Sholihin FC Juara Grup Wilayah Surabaya Dalam Pertandingan Liga Santri Piala Kasad
    Berkendara Pakai Sandal Dilarang, Begini Kata Sosiolog UNAIR

    Ikuti Kami