Tingkatkan Awareness UKM Antarkan Mahasiswa UNAIR Raih Juara 1 AMIC 2021

    Tingkatkan Awareness UKM Antarkan Mahasiswa UNAIR Raih Juara 1 AMIC 2021
    Alfanis Aisyah, mahasiswa Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

    SURABAYA – Mahasiswa UNAIR kembali menorehkan kejuarannya di ajang perlombaan universitas skala nasional, Ambition Marketing Impact Competition 2021 (AMIC 2021) pada Februari lalu. Prestasi membanggakan tersebut diraih oleh Alfanis Aisyah, mahasiswa Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Dalam perlombaan yang diadakan oleh organisasi pemuda tersebut, ia dan kedua rekannya berhasil membawa pulang reward juara 1 setelah melalui beberapa tahap skema perlombaan sejak desember lalu.

    AMIC 2021 merupakan marketing competition dengan orientasi yang berfokus pada cara penjualan produk agar brand yang dipasarkan dapat disukai oleh target pasar. Alfanis dan kedua rekannya yang tergabung dalam 2 Universitas yang berbeda, memberikan solusi cerdas dalam menyikapi strategi marketing era ini. Dalam pelaksanaannya, mereka mengangkat strategi berupa peningkatan awareness pada UKM dengan sosial media marketing.

    WARTAKESEHATAN.CO.ID
    market.biz.id WARTAKESEHATAN.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Alfanis kepada media, Senin (21/3/2022) menjelaskan bahwa dalam implementasinya, strategi yang mereka bawa akan diterapkan secara langsung kepada UKM yang telah diplotingkan oleh panitia. “Kebetulan tim kami dapat Usaha Kecil Menengah (UKM) Bandung yang bergerak di bidang kuliner dengan varian makanan berupa frozen food, camilan, dan nasi instan, ” imbuhnya.

    Nasi Goreng Gila
    market.biz.id Nasi Goreng Gila
    20% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    Sinkronisasi latar belakang permasalahan UKM dan strategi yang dibawa telah diperhitungkan secara matang oleh Alfanis dan tim ketika tahap implementasi dilaksanakan. Pasalnya, UKM tersebut memiliki permasalahan internal perusahaan yang cukup krusial mengenai pemilihan target pasar yang kurang sesuai.

    “Melalui strategi yang kami usulkan, UKM tersebut sangat berperan aktif dalam pelaksanaan pemulihan bisnisnya. Bahkan omset yang didapatkan naik 100 persen per-bulan ini, ” ungkapnya bangga.

    Americano espresso shot
    market.biz.id Americano espresso shot
    16% Rp 5.000
    Beli sekarang!

    Mengenai hal tersebut, Alfanis menjelaskan bahwa strategi marketing berupa implementasi media sosial merupakan salah satu cara untuk meningkatkan omset bisnis dengan cepat. Selain melihat banyaknya pengguna gadget dengan bantuan internet, adanya pandemi juga memungkinkan penyebaran produk menyeluruh secara online melalui sosial media.

    Alfanis menambahkan, terdapat beberapa kendala yang mereka alami selama lomba berlangsung. “Melihat kondisi yang ada, tentu hambatan yang terjadi berada pada komunikasi antar anggota. Penyesuaian waktu yang kurang sinkron serta penyesuaian ide via online benar-benar membutuhkan mental kuat dalam prosesnya, ” ujarnya.

    Atas kemenangan yang diraih, ia mengaku bersyukur atas kesempatan yang diberikan. Mengingat usaha yang mereka kerjakan tidak main-main sedari tahap awal lomba digelar.

    “Mindset kita sejak awal adalah pemenang. Mental juara sudah kita aplikasikan sejak memiliki niat untuk mengikuti lomba tersebut. Jadi bagaimanapun bentuk perlombaannya, niat dan usaha harus diusahakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik diantara yang lain, ” tegasnya.

    Bangga dengan prestasi yang diraih, Alfanis berharap hasil dari usahanya dapat dijadikan motivasi oleh mahasiswa UNAIR khususnya. Pasalnya, kuliah daring seperti saat ini membuat penurunan soft skill dan minat mahasiswa mengikuti ajang perlombaan.

    “Selagi masih muda, sudah sepantasnya kita meraih penghargaan sebanyak yang kita bisa. Selagi masih muda, jangan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah ada di depan mata, ” pungkasnya mengakhiri. (**)

    SURABAYA
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Dukung Program Perikanan di Yahukimo, Satgas...

    Artikel Berikutnya

    KAI Daop VII Madiun Bersama Komunitas Rail...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 119

    Postingan Tahun ini: 419

    Registered: Oct 4, 2021

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 82

    Postingan Tahun ini: 562

    Registered: Oct 11, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 55

    Postingan Tahun ini: 462

    Registered: Sep 23, 2021

    Prijo Atmodjo

    Prijo Atmodjo verified

    Postingan Bulan ini: 31

    Postingan Tahun ini: 204

    Registered: Jul 13, 2020

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Pendampingan Dalam Rangka Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme
    Patroli Gabungan Diwilayah Kec. Tambaksari 
    Polsek Junrejo Kota Batu Rakor Bersama Pihak Bank Bahas Pertenak Terdampak Wabah PMK
    Kegiatan Pantau Wilayah  Serta Komsos Bersama Warga Masyarakat

    Rekomendasi

    Alumnus UNAIR Lulus Sarjana Kedokteran 19 Tahun, Kini Kuliah di Harvard dengan Beasiswa LPDP
    Jaga Toleransi dan Kebersamaan Antara Umat Beragama, Jelang Hari Bhayangkara ke-76 Polrestabes Surabaya Salurkan Bantuan Sosial
    Kurikulum Keterampilan Digital Terapan Untuk Wujudkan SDGs
    Tim Binaan Kodim 0830/Surabaya Utara Darus Sholihin FC Juara Grup Wilayah Surabaya Dalam Pertandingan Liga Santri Piala Kasad
    Berkendara Pakai Sandal Dilarang, Begini Kata Sosiolog UNAIR

    Ikuti Kami